Tips Rumah Bebas Debu

Tips Rumah Bebas Debu

Debu merupakan partikel kecil yang cukup membahayakan bagi kesehatan, terutama jika diantara anggota keluarga kita ada yang alergi terhadap debu tentu sangat tidak nyaman apabila ada debu dirumah kita. Untuk mengurangi adanya debu dirumah kita ada beberapa cara melakukannya diantaranya :

  • Lebih baik menggunakan lap Pel/ vacuum cleaner : Apabila membersihkan ruangan lebih baik jangan menggunkan sapu tetapi langsung menggunakan kain pel/ vacuum cleaner, apabila keadaan ruangan terlalu kotor ulangi mengepel lantai sampai benar-benar bersih, dan jangan lupa gunakan masker agar debu tidak langsung terhirup oleh pernafasan kita
  • Jika membersihkan karpet atau keset lebih baik  jangan di dalam ruangan : Debu dan kuman yang menempel dan menumpuk di karpet atau keset tidak terlihat oleh kesat mata tetapi apabila kita hempaskan akan beterbangan dan sangat mengganggu pernafasan apalagi untuk penderita alergi.
  • Menggunakan Perabotan yang terbebas dari ukiran :Pilih Perabot rumah seperti : kursi, meja, dan lemari yang tidak terbuat dari ukiran kayu. Lekukan ukiran bisa menjadi sarang debu karena sulit dibersihkan.
  • Jika menggunakan hiasan dindin jangan terlalu banyak :Menempelkan hiasan dindin bisa berpotensi menjadi sarang debu sehingga sangat disarankan untuk meminimalisir hiasan yang menempel didinding
  • Jangan menggunakan selambu yang Terlalu besar dan tebal :Biasanya debu bersarang disana
  • Hindari Pemajangan boneka yang berlebihan :Mainan atau boneka yang terbuat dari bulu binatang, wol atau bahankain merupakan benda-benda yang menjadi sarang debu sehingga menjadi sumber penyakit.
  • Penderita alergi debu disarankan :untuk tidak menggunakan bantal dan kasur yang terbuat dari kapuk. Selain debu dan tungau mudah menempel di sana, serat kapuk yang berterbangan dapat menimbulkan reaksi alergi. Bila tetap ingin menggunakan bahan kapuk, bungkuslah bantal dan kasur kapuk dengan plastik. Dengan begitu debu dan serat kapuk yang berasal dari bantal dan kasur tidak beterbangan ke mana-mana.
  • Jangan pula membersihkan perabot dengan kemoceng :sebab akan membuat debu berhamburan ke seluruh ruangan. Cukup bersihkan dengan lap basah, lalu usap dengan lap kering
  • Ventilasi Udara yang baik :Perhatikan sirkulasi udara yang masuk dan keluar sehingga penderita alergi merasa nyaman dirumah.
Permalink

Recent Posts

Leave a comment

POST COMMENT

Protected by WP Anti Spam