Penyebab utama scabies pada manusia

Penyebab utama scabies pada manusia

Penyebab utama scabies pada manusia tidak lain dikarenakan oleh tungau delapan kaki,yang secara ilmiah dinamakan Sarcoptes scabiei. Binatang berkaki banyak ini hampir tidak terlihat secara kasat mata dan hanya dapat dilihat oleh kaca pembesar atau mikroskop.
Skabies ini menaruh telur dan berubah menjadi larva  pada permukaan kulit hingga dewasa. Saat tungau tumbuh,mereka secara terus menerus menggali kedalam kulit dimana dapat menimbulkan perasaan gatal setelah empat minggu dari kejadian tersebut. Maka itu, scabies dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan akan terus menerus menimbulkan sensasi gatal dan sulit untuk hilang.
Scabies menyebabkan tanda kemerahan pada kulit,dan akan ditemukan pada jari-jari, kaki,leher, bahu,bawah ketiak, bahkan daerah kelamin ( daerah genital ). Gambaran scabies terlihat seperti kemerahan disertai dengan benjolan yang kecil. Scabies juga menular dari kontak secara langsung kulit dengan kulit,begitu juga dengan kontak sexual. Cara penularan yang lain juga dapat dari penggunaan bersama pakaian dan tempat tidur.

Ada tipe dari scabies yang dapat menyebabkan kulit kering, terkelupas,dan menipis –Scabies Norwegian-. Krusta scabies terdiri dari ratusan kutu dibanding dengan hanya sepuluh scabies. Orang yang memiliki kekebalan tubuh yang jelek sangat mudah terkena infeksi scabies dan dapat menyebabkan komplikasi lanjutan. Sangat penting untuk mengobati secara cepat pada saat gambaran scabies muncul pertama kali. Jika scabies tidak dikenali segera,maka kondisi pasien kelak akan menjadi memburuk. Dan disarankan untuk menemui dokter penyakit kulit segera untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

 

Permalink

Recent Posts

Leave a comment

POST COMMENT

Protected by WP Anti Spam