Beberapa tips mengatasi alergi pada mata yang disebabkan oleh debu

Beberapa tips mengatasi alergi pada mata yang disebabkan oleh debu

Debu dan serbuk sari ternyata lebih berbahaya dalam menyebabkan alergi pada mata Anda ketika musim panas tiba. Untuk menghindari rasa tidak nyaman karena alergi pada mata, Anda harus mengetahui cara pencegahan dan pengobatannya.

Berikut 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah alergi mata:

1. Batasi aktivitas di luar rumah
Ketika musim panas, alergen akan bertebaran di udara dan sangat berbahaya jika mengenai mata Anda yang sensitif. Batasi aktivitas Anda di luar ruangan jika musim panas tiba untuk mencegah kemungkinan alergi.

2. Pakailah pelindung sebelum keluar rumah
Menggunakan kacamata hitam dapat mengurangi jumlah alergen yang menempel pada mata Anda. Jilbab dan topi dapat mencegah serbuk sari menempel di rambut. Sangat penting untuk melindungi diri dari paparan alergen agar tidak terbawa masuk ke rumah.

3. Jangan membuka kaca jendela rumah lebar-lebar
Ketika cuaca di luar cerah, akan sangat menyenangkan jika Anda membuka jendela dan membiarkan udara segar masuk ke rumah. Tetapi alergen dapat terbawa angin dan masuk ke rumah Anda.

Jangan membuka jendela Anda terlalu lebar untuk membatasi alergen yang terbawa masuk ke rumah. Anda juga dapat menyalakan AC dan menghidupkan filter HEPA yang dapat membantu menyaring serbuk sari dari udara.

4. Sering mencuci muka dan tangan
Jika Anda pulang dari bepergian, kulit Anda akan terekspos oleh lapisan tipis alergen di luar sana. Mencuci muka dan tangan sesampainya Anda di rumah dapat mengurangi gejala alergi Anda.

5. Gunakan lensa kontak harian sekali pakai
Alergen mudah menempel pada permukaan lembab seperti mata, lensa kontak, hidung dan bahkan masuk ke jaringan tenggorokan Anda. Meskipun dengan mencuci lensa kontak dapat mengurangi alergen yang menempel, tetapi cara terbaik untuk memastikan agar mata terbebas dari alergi adalah dengan menggunakan lensa kontak yang segar setiap hari.

6. Bilas mata Anda
Air mata buatan dapat membantu untuk membersihkan alergen yang menempel pada jaringan mata. Anda dapat menemukan berbagai merk cairan pembersih mata di apotek.

7. Jangan mengucek mata Anda
Mata yang terasa gatal memang sangat menggoda tangan Anda untuk mengucekknya. Tetapi hal ini hanya akan memperburuk gejala alergi pada mata Anda.

Hal ini karena mata memiliki sel kecil yang disebut dengan ‘sel mast’ yang fungsinya sebagai sistem kekebalan mata dari alergen. Sel mast mengandung bahan kimia, termasuk histamin yang berfungsi menghancurkan untuk menghancurkan alergen dan melindungi mata.

Bila Anda menggosok mata Anda, Anda akan menghancurkan sel mast dan akan membanjiri jaringan mata dengan histamin. Hal ini akan membuat mata Anda lebih gatal. Lebih baik Anda membilas mata dengan air mata buatan atau menggunakan tetes mata anti-histamin jika terasa gatal.

Jika Anda telah menderita alergi, Anda dapat menanganinya dengan cara sebagai berikut:

1. Gunakan obat anti-histamin yang tersedia di apotek
Jika gejala alergi telah menyerang mata Anda, pertimbangkan untuk mengambil obat tetes mata anti-histamin. Obat ini akan meringankan gejala sampai dua belas jam hanya dengan satu tetes pada setiap mata.

Jika alergi juga menganggu hidung, sinus dan tenggorokan, Anda mungkin perlu mengambil anti-histamin oral atau dekongestan. Pastikan untuk memeriksa label obat sebelum menggunakannya untuk menyadari kemungkinan efek samping, seperti mengantuk.

2. Gunakan obat-obatan dengan resep dokter jika diperlukan
Untuk alergi parah yang tidak menunjukkan respon terhadap obat anti-histamin, ada terapi canggih yang dapat Anda coba. Obat-obatan yang melibatkan steroid yang biasanya diresepkan oleh dokter, dapat membantu meringankan alergi.

3. Periksakan kondisi Anda ke dokter
Sangat penting bagi Anda untuk melakukan general check up setiap tahunnya. Jika setiap musim panas Anda mengalami alergi mata, Anda perlu memeriksakan kondisi mata Anda ke dokter untuk mencegah memburuknya alergi.

 

Permalink

Recent Posts

Leave a comment

POST COMMENT

Protected by WP Anti Spam