Menjaga kebersihan rumah agar tetap sehat

Menjaga kebersihan rumah agar tetap sehat

Banyak penyakit yang disebabkan karena kualitas udara yang buruk. Polusi dan alergen paling buruk banyak terdapat di udara bebas luar rumah, tapi polutan dan alergi dari dalam rumah pun banyak macamnya terutama jika kebersihan rumah kurang terjaga. Berikut tips untuk Bujang Dare menjaga rumah menjadi bersih sehingga mencegah beberapa masalah kesehatan.

  1. Bersihkan perabotan rumah sesering mungkin. Terutama, untuk di dapur dan toilet. Bagian rumah lainnya yang paling banyak dilewatkan yaitu debu diatas eternit rumah. Debu dari luar akan masuk dari celah genteng dan mengendap di atas eternit. Jadi bersihkan juga secara bersihkan secara berkala agar tidak mengganggu kesehatan.
  2. Rajin-rajin mengganti sarung bantal dan sprei. Ini gunanya agar terhindar dari tungau, meskipun tungau tidak terlihat tetapi bagi penderita alergi, keberadaan tungau akan sangat mengganggu.
  3. Bersihkan rumah dari jamur. Periksa di setiap sudut rumah, terutama yang lembab dan kurang cahaya. Jika menemukan jamur, segera bersihkan. Jika ada di tembok sebaiknya gunakan cat tembok anti jamur.

Rumah menjadi tempat kita untuk beristirahat dari aktivitas di luar rumah, menjadi tempat berkumpul bersama keluarga, sayang sekali rasanya jika lingkungan di rumah kurang terawat. Ini 3 tips yang perlu Bujang Dare hindari agar rumah tetap sehat dan bersih.

  1. Rokok. 85% penyakit CPOD (penyakit paru obstruktif kronis) disebabkan oleh rokok. Perokok aktif maupun pasif akan sama-sama dirugikan dalam hal kesehatan. Masih sulit menghentikan kebiasaan merokok salah satu keluarga Bujang Dare, sebaiknya sarankan untuk merokok diluar rumah saja.
  2. Pemakaian bahan kimia. Bahan kimia yang dimaksud ini yaitu pada cairan pembersih, detergen, pemutih pakaian, atau pengharum ruangan sebaiknya tidak dilakukan. Jika ingin udara yang lebih bersih kuncinya bersihkanlah rumah dengan baik, bukan dengan menyembunyikan udara yang tidak bersih dengan pengharum ruangan.
  3. Mengabaikan hewan peliharaan. Untuk yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung, hamster, atau apapun, jangan lupa untuk selalu perhatikan kebersihannya dan jaga agar bau yang mungkin ditimbulkan tidak mengganggu kebersihan udara dalam rumah.

semoga bermanfaat 🙂

Permalink

Recent Posts

Leave a comment

POST COMMENT

Protected by WP Anti Spam